Monday, March 5, 2012

Ketika Hati Lebih Banyak Bicara

Hmm..
Ngga ngerti kenapa, hati gue kenapa jadi lempeng begini yaa. Ky ga punya rasa. Okeh,gue kasih contoh ya.

2 minggu yang lalu gue test untuk satu bank, peserta test ny banyak banget tapi gue ga patah semangat duluan. Dijalanin aja. Gue test bareng kakak sepupu, kita ngelamar dengan posisi yang sama. Test berjalan lancar. Nah, seminggu kemudian itu adalah pengumuman hasil test. Dan ternyata gue ga lolos untuk ikut test selanjutnya. Kakak sepupu gue? Alhamdulillah dia lulus.

Apa gue kecewa? Jawabannya ngga. Apa gue sedih? Jawabannya ngga. Aneh kan? Harusnya gue ngerasa kecewa gimanaaa gitu. Ini mah ngga. Lempeng ajaa gitu hati gue. Padahal kan ini test untuk masuk jadi pegawai bank. Terus apa yang gue bilang dalem hati? "Yaudahlah..emang belom rejeki gue. Tapi gue udah berusaha kok. Memang Alloh belom ngasih ijin gue untuk dapetin test itu". Udah deh, setelah gue berpikir gitu semuanya tenang.

Aneh kan? Gue aja ngerasa aneh sama diri sendiri yang begini. 

Begitu pun tentang jodoh.
Ah, hati gue lagi bener-bener kosong. Ngga ada percikannya. Ngga ada beat-nya. Kalau ditanya mana pacarnya gue bisa jawab dengan senyum "belum punya pacar". Ngga ada gondok di hati ngeliat orang lain bisa happy sama pasangannya. Kalau dulu gue ditanya begitu, bisa langsung drop deeh ini, ngerasa ngga laku, ngga ada yang mau. Tapi sekarang ngga. Padahal umur gue udah mau masuk 25 tahun looh. Yang mana, kata temen gue "umur rawan" bagi yang belum ada pasangan.

Karena gue berpikir, Allah pasti udah siapin seseorang lelaki di luar sana untuk gue. Cuman masalah waktunya aja. Gue percaya janji Allah dalem Al-quran. Semua orang diciptakan berpasangan. Laki-laki dan perempuan. Lalu, hati gue pun pernah bilang gini, "mia kenapa lo belom ketemu jodoh juga? Karena lo belum baik. Lo minta sama Allah jodoh pria yang baik yang sesuai dengan kehendak-Nya tapi lo sendiri belum menunjukkan sikap baik". Jedeerrrrr..kaya disambit rasanya.

Gue pernah baca tweetnya Ippho, kalau ingin jodoh yang baik maka pantaskan diri menjadi pribadi yang baik. Seperti, kalau kita ingin mendapatkan seorang pangeran, maka pantaskan diri untuk dipilih menjadi putri. Ippho selalu bilang PANTASKAN DIRI. Ini juga sesuai janji Allah di surat yang mana gue lupa, intinya begini : "Lelaki yang baik untuk perempuan yang baik, Lelaki yang keji untuk perempuan yang keji". 

Gue belom jadi pribadi yang baik, apalagi kalau masalah hati. Hati ini masih sering lalai. Solat? Ah,ini dia. Masih sering nunda-nunda solat. Padahal jodohnya pengen cepet dateng tapi laopran sama Allah masih sering telat. Hal-hal begini niih yang gue rasa menghambat datengnya jodoh gue. Tapi gue yakin dan percaya sama Allah. Sekarang niih Allah pasti lagi liat iktiar gue untuk selalu memperbaiki diri setiap hatinya. Iya,kan Allah? 

Lalu ada juga masalah nazar. Gue punya nazar waktu mau sidang dan menjelang wisuda. "Kalau mia lulus jadi sarjana, mia bakal nazar puasa selama 30 hari". Ini nazar gue bulan november lalu, gue udah nyicil puasa di senin kamis tapi kok yaa gue ngerasa ngga afdol yak! Mulai senin, 5 maret kemarin gue janji untuk meluruskan hati dan niat ngejalanin nazar ini. Karena lagi-lagi si hati bilang, "gimana mau cepet dapet jodoh kalau janji sama Allah aja lo masih ingkar,mi. Gimana jodohnya mau cepet dateng kalau janji sama Allah aja masih males-malesan nepatinnya".

Yuk,ah. Gue mau memperbaiki diri. Setiap harinya harus bisa jadi pribadi yang lebih baik. Perbaiki solat fardhunya, kencangkan solat malamnya, jalanin ibadah-ibadah sunnahnya dan yang sering kelupaan adalah sedekahnya.

Allah, tuntun hati mia untuk selalu terus dijalan-Mu yaa.

Semangat!!


*kata orang, ketika hati lagi lempeng begini, inilah waktu dimana hati bener-bener dalem keadaan jujur!

No comments:

Post a Comment